Cara Import File Save Game PCSX2 Emulator

Bermain playstation merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan. PS2 merupakan salah satu seri playstation terbaik di era tahun 2001-2008. Cukup lama kejayaan PS2 ini sebelum PS3 rilis dan PS2 pun mulai ditinggalkan. Namun tahukah kamu?. Masih banyak yang mengharapkan PS2 kembali di jual. Saat ini Sony sebagai produsen PS2 sendiri sudah menghentikan produksi dari unit PS2. Untuk mendapatkan unit PS2 sendiri kalian harus membeli yang seken atau bekas. Di jual beli online sangat banyak yang menjual PS2 seken ini. Harga PS2 kini menurun drastis,karena masa kejayaan nya pun sudah hilang. Harga 1 unit PS2 bekas saat ini sekitar 1,5 juta bahkan ada yang menjual hanya 900 ribu saja,itu sudah termasuk hardisk yang berisi game-game di dalamnya.

Untuk teman-teman yang tidak memiliki uang atau kesulitan memiliki PS2. Tenang saja,ada solusinya. Kalian punya PC/Laptop kenapa tidak dimanfaatkan secara maksimal. Dengan bermodal PC/Laptop. Kita bisa bermain PS2 bersama teman. Caranya gimana?. Menggunakan emulator bernama PCSX2 Emulator. Cara instal dan menggunakan nya sangatlah mudah,sama seperti menginstal software lain nya.

Untuk menginstal emulator PCSX2. Kalian bisa lihat caranya di sini :

Cara Bermain PS2 menggunakan PC/Laptop

Nah,sekarang ini saya bukan membahas cara instal nya ya,saya akan membahas bagaimana cara import file save game yang kita download dari internet,ke dalam emulator PCSX2. Mungkin bagi kalian yang masih kebingungan,saya akan jelaskan caranya di artikel ini.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Pertama-tama download file save dari game yang kamu inginkan,misalnya saja,saya disini ingin mendownload file save game dari game Tekken 5 PS2. Untuk mendownload nya kalian bisa kunjungi situs Gamefaqs. Disana banyak tersedia semua save game dari berbagai emulator dan cara menggunakan file save nya.



2. Setelah download file save game nya,buka siftware PCSX2 kamu,kemudian buka software my-mmc alpha. Untuk mendownloadnya bisa lewat link ini : my-mmc alpha 2.6. Kemudian cari lokasi penyimpanan memorycard emulator kamu. Biasanya jika di instal secara deafult,lokasinya di :

My Document > PCSX2 > memcards > pilih salah satu memory card Mcd001/Mcd002.



3. Setelah itu,akan terlihat beberapa game yang memiliki file save di salah satu memory card tersebut. 


4. Selanjutnya, Import file save game yang telah kamu download dari website Gamefaqs tadi. Dengan mengklik menu File > Import.


5. Jika sudah di Import. Cek nama game yang kamu download tadi,misalnya Tekken 5. Jika di list ada tulisan Tekken 5. Berarti Import file save game berhasil.

6. Untuk mengeceknya kembali atau memastikan nya. Buka software PCSX2. Di Menu CD > Plugin. Dengan demikian kita akan diarahkan ke menu memory card. Pilih memorycard yang kalian gunakan saat import file save game pada software my-mmc alpha 2.6 tadi. Karena saya menggunakan memorycard slot 1(Mcd001) maka saya mengeceknya di memorycard slot 1 pula. Disini ada beberapa file save game,dan Tekken 5 sudah termasuk diantaranya. Oke berarti sejauh ini import file berhasil.



7. Terakhir. Jalankan file ISO game Tekken 5 pada emulator PCSX2 kamu. Masuk ke Menu CD > Iso > Tekken 5. Jalankan emulator sampai game nya mulai.



8. Game akan otomatis me-load save game yang kamu download. Jika berhasil maka semua karakter dan mode akan unlock. Kita lihat sendiri,disini semua karakter telah lengkap.



Bagaimana? mudha bukan caranya?. Tidak terlalu ribet kok. Demikian Cara Import File Save Game PCSX2 Emulator. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat video ini :


BERIKAN KOMENTAR ()