Cara Mengatasi Suara Speaker Yang Pecah Sebelah Tanpa Membongkar Laptop

Kebutuhan akan musik,film,streaming dan gaming dan lainya,tentunya sangat diperlukan untuk menunjang fungsi laptop dan memaksimalkan-nya.  Laptop tentunya memiliki banyak fungsi sama seperti PC. Selain bisa untuk memainkan musik,bisa juga digunakan untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari,seperti membuat laporan maupun desain grafis. Laptop merupakan alat yang multifungsi,bisa digunakan untuk apa saja. Namun apa jadinya jika suara laptop yang kita pakai tidak bagus?. Atau bisa dibilang suaranya pecah dan kresek-kresek. Tentunya semua kegiatan akan terganggu oleh suara tersebut,dan kita juga tidak bisa dengan tenang memainkan musik,movie atau untuk gaming dengan suara yang pecah. Aduh kebayang gak sih kalau suara laptop kresek-kresek terus kita play musik atau movie,oh my dream. Kayak dengerin radio rusak tauk!!.

Laptop anda memiliki suara yang pecah di satu sisi saja?

Ada beberapa cara untuk mengatasinya,disini anda berhak memilih cara mana yang akan anda pilih untuk membuat normal speaker anda.

1.Service Ke Tempat Laptop Service

Service Ke Tempat Laptop Service

Cara ini sangat simpel dan cukup mudah bagi anda yang tidak ingin ribet dan tidka punya waktu luang untuk menyetting sound device atau membongkar laptop anda. Dengan membawanya ke tempat service anda bisa menyelesaikan permasalahan suara pecah pada laptop anda ini dengan cepat,namun ada beberapa tempat service yang harus menunggu 2-3 hari baru jadi,bahkan ada yang 1 mingguan lho untuk service nya. Kalau saya sih nyarinya yang langsung tunggu di TKP gitu,cuma jarang menemukan tempat service yang seperti itu,rata-rata sekarang harus nunggu berhari-hari untuk menyelesaikan service laptop nya.

2.Bongkar Laptop dan Bersihkan Bagian Dalam Speaker

Bongkar Laptop dan Bersihkan Bagian Dalam Speaker.

Nah,cara ini cukup efektif,dan bagi anda yang punya banyak waktu luang khususnya. Cara ke 2 ini membutuhkan kebenarian yang cukup banyak. Karena kita harus membongkar laptop kesayangan kita,yang sebelumnya tidak pernah kita bongkar sebelumnya. Yang dibutuhkan untuk membuat normal suaranya antara lain obeng dan lem castol/lem tembak. Cara ini diakui sangat efektif oleh beberapa orang. Karena 90% orang yang sudah mencoba cara ini berhasil. Awalnya juga saya iseng-iseng mencari keyword "Cara memperbaiki suara laptop yang kresek-kresek". Nah disanalah saya menemukan cara ini. Caranya cukup simpel. Kita hanya perlu membuka semua baut yang ada dibawah laptop menggunakan obeng,dan setelah terbuka semua,buka casing bawah laptop anda.Cari bagian sound yang rusak. Misal yang rusak adalah kiri,maka anda hanya perlu memperbaiki bagian speaker kiri. Kemudian gunakan lem castol,atau lem tembak ke pinggiran sisi-sisi speaker laptop anda yang pecah tadi. jangan sampai kena bagian tengah speaker karena dapat merusak speaker. Ingat!! cukup lem bagian pinggir saja ya. Biasanya bentuk speaker berbentuk bundar. Maka bentuklah lem menjadi bundar dan hanya bagian pinggir speaker saja.(bagian lingkaran merah pada gambar diatas)

3.Atur Sound Device Dari Stereo (Dua Arah) Menjadi Mono (Satu Arah)

Atur Sound Device Dari Stereo (Dua Arah) Menjadi Mono (Satu Arah)

Cara ini merupakan cara termudah jika speaker anda salah satu bersuara pecah. Speaker yang normal satunya bisa kita jadikan sebagai speaker utama,karena kita menonaktifkan suara di satu speaker saja. Misalkan yang dinonaktifkan speaker kiri. Maka yang akan menjadi speaker utama adalah sepaker kanan. Dengan cara ini mungkin bisa menghemat biaya dan waktu anda. Karena proses setting nya sangat mmudah dan cepat sekali. Caranya gimana?. berikut caranya :
  • Tekan Windows,cari Control Panel. Kemudian Masuk Ke pengaturan Hardware & Sound.

Hardware & Sound Setting

  • Setelah itu klik bagian Sound.
Sound Setting
  • Setelah itu,kita akan masuk ke menu pengaturan suara. Akan tampil pengaturan seperti gambar dibawah. Pada bagian speaker klik kanan,kemudian pilih Properties. Kemudian akan tampil beberapa tab menu. Pilih menu levels. Disana akan ada pilihan Realtek HD Audio Output. Klik tulisan Balanced. Kemudian atur volume kiri dan kanan anda sesuai keinginan. Jika yang rusak kiri,maka anda hanya perlu memperbesar suara speaker kanan (R). dan mengecilkan speaker kiri (L) ke volume 0. Agar tidak terdengar lagi suara pecah dari speaker kiri.

Sound Properties Setting 2

Demikianlah,3 Cara mengatasi speaker laptop yang pecah atau kresek-kresek. Semoga dapat membantu kita semua.
BERIKAN KOMENTAR ()