Cara Membuat Halaman Ikuti Blog Pada Menu Utama

Memiliki teman sesama blogger tentunya akan menambah relasi dan ilmu pengetahuan tentang blogging. Menjadi blogger bukan hanya menulis artikel kemudian mendapatkan adsense dan penghasilan saja. Sisi positifnya kita bisa saling mengomentari sesama blogger. Mengomentari kekurangan maupun kelebihan,sehingga kedepan nya blog kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dulu awal mula saya mulai ngeblog tahun 2012. Saya sama sekali tidak mengetahui manfaat dari nge blog. Tapi di zaman-zaman itu dulu blog belum terlalu viral. Karena banyak yang belum tahu kalau menulis blog itu dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kemudian saya memulai menulis sesuai dengan apa yang ada difikiran saya. Ternyata lama kelamaan jadi asyik dan ketagihan,apalagi kalau ada sobat blogger yang mengometari atau mengikuti blog kita.

Follow Blog

Kalau di zaman dulu,nyari pengikut blog itu lumayan gampang,karena kita tinggal berkomentar di blog orang.maka besok-besok saat di cek pengikut nambah. Itu dulu sering saya alami,saat berkomentar di blog orang,kemudian tahu-tahunya besok saya di follow mereka,karena saking loyalnya para blogger-blogger saat itu. Berbeda dengan zaman sekarang di tahun 2019 ini,saya merasakan susahnya membangun blog dari nol kembali. Blog ini saya buat hampir setahun,namun follower saya bahkan tidak ada satupun. Padahal saya sering berkomentar di blog orang lain yang nice nya sejenis dengan nice blog saya. Mungkin karena zaman sekarang kebanyakan orang ngeblog pada nyari uang kali ya?. Karena sudah banyak mastah-mastah muda bermuculan saat ini dan banyak juga yang sudah memiliki penghasilan jutaan rupiah dari blog. 

Memang kita sebagai blogger,dituntut harus selalu update oleh Google. Karena jika tidak,dampaknya akan berimbas pada blog kita. Oke sebelum sampai ke pembahasan carauntuk membuat halaman followers pada blog,kita bahas dulu apa manfaat saling follow blog disini.

Manfaat Follow Blog Orang Lain

  1. Punya relasi sesama blogger. Dengan demikian kalian bisa berdiskusi tentang blog bersama dan saling berkirim email. atau bisa jadi juga ajang untuk pencarian jodoh,hehe. Dulu saya sempat menemukan seorang blogger cewe. Sering sekali mengunjungi blog saya. Setiap update saya selalu di komen. Dan penasaran saya memintai nya nomor handphone. Saat di telpon benar saja suaranya asli cewek. Namun sayangnya dia sudah punya anak dan suami,haduh. Sirna harapan buat kenalan lebih dalam,hehe.
  2. Punya backlink dari blog orang yang sering anda komentari. Pernah sadar gak sih,orang kadang penasaran dengan komentar kalian dan mengunjungi atau mengklik nama kalaian dan mencari tahu nama blog kalian?. Yep itu pernah juga saya alamai dulu. Saya seringkali blogwalking pada zaman 2012-2014. Saat itu blogwalking atau saling mengomentari blogger satu dengan blogger lain sangat populer untuk mencari viewers juga. Dan dari berkomentarlah kita juga tanpa sadar bisa juga memperoleh backlink. Namun jika blog orang tersebut dofollow saja ya. Kalau nofollow sih belum bisa dapat backlink gratis. Nah kebanyakan blogger saat ini pelit. Kalau mau backlink di blog mereka,kita harus bayar dahulu,baru bisa pasang backlink di blog mereka. Hmm udah jadi lahan bisnis aja ya. Tapi emang gitu blogger sekarang yang penting duit dulu mungkin.

Cara Membuat Halaman Ikuti Blog

  • Pertama-tama copy dulu halaman follow blog ini : 
https://www.blogger.com/follow.g?view=FOLLOW&blogID=ID BLOG KALIAN
  • Kemudian ganti kode berwarna merah dengan ID blog kalian,ID blog kalian bisa dilihat di halaman dashboard utama saat kalian login pada blog. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.
 
  • Setelah ganti ID kalian. Langsung saja buat shortlink umtuk link follow blog kalian,tujuanya adalah ntuk mempersingkat dan memperkecil link panjang pada blog. Saya membuat shortlink dari bit.ly.
shortlink bit.ly
  • Setelah link dipersingkat. Ganti kode yang disingkat tadi ke html editor blog kalian masing masing. Taruh di menu atas atau bawah blog kalian seperti ini.
Ikuti Blog

Nah,demikianlah Cara Membuat Halaman Ikuti Blog Pada Menu Utama. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

BERIKAN KOMENTAR ()