Cara Simpel Memasang Kolom Komentar Disqus di Blogspot

Mascapunk-Disqus merupakan salah satu widget sosial media yang dapat menghubungkan pengguna facebook,twitter,google plus,blogger dan lainya untuk berinteraksi satu sama lain melalui komentar,baik itu di dalam blogspot maupun wordpress. Saat ini para blogger-blogger profesional sering menggunakan kolom komentar disqus di dalam blog mereka. Entah karena lagi populer atau karena lebih ringan di blog dan dengan tampilan yang kekinian dan lebih menjangkau semua sosmed.

Widget disqus ini memiliki banyak kegunaan seperti bisa mengubungkan akun sosmed lainya seperti facebook,twitter,google plus,ataupun akun disqus untuk memberi komentar. Karena lebih fleksibel dan memiliki jangkauan sosial media yang banyak,kolom komentar disqus ini cukup diminati di kalangan blogger profesional seperti mas sugeng,mastimon,dan blogooblok.dan lain-lain.

Mengapa harus disqus?. Bukan kolom komentar bawaan blogspot?. Mungkin ini pertanyaan umum jika kita disuruh memilih antara memakai kolom komentar bawaan blogger ataupun memakai disqus. Tentunya semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika sobat hanya memperbolehkan komentar pada pengguna blog saja,sobat bisa memakai kolom komentar bawaan blogger. Namun jika sobat memilih agar semua orang yang memiliki sosial media facebook,twitter,google plus untuk berkomentar,maka saya sarankan sobat menggunakan kolom komentar disqus ini. Dengan dignakanya kolom komentar disqus ini,maka otomatis kolom komentar blogger bawaan dari blogspot akan hilang dan diganti dengan kolom komentar disqus.

Oke,mungkin penjelasanya terlalu terbelit-belit dan panjang ya. Kita langsung saja ke langkah-langkah untuk membuat kolom komentar disqus nya :

1.Buka halaman web disqus.com kemudian Klik Login atau Get Started.

Memasang Kolom Komentar Simpel

2.Setelah itu kita akan masuk ke halaman register. Jika belum mempunyai akun disqus,kita bisa membuat baru dengan klik halaman sign up untuk registrasi akun baru.

Sign Up Akun Baru Disqus

3.Setelah itu isi data diri anda seperti nama,email dan password.

Membuat Akun Disqus

4.Jika sudah di isi semua data identitas,silahkan cek email sobat. Akan ada email dari pihak disqus yang isinya pengaktifasian akun disqus kita.

Email notifikasi aktifasi akun disqus
5.Klik Link verifikasi akun yang telah disediakan di dalam email. Kita akan diarahkan langsung ke web disqus.

Verifikasi Akun Disqus Melalui Email

6.Setelah klik link verifikasi,kita akan di arahkan ke halaman utama web disqus. Setelah itu klik tombol "Gear" yang ada di samping kanan atas,dan jika di klik akan keuar sub menu. Pilih Sub Menu "Add Disqus To Site".

Halaman Utama Web Disqus

7.Setelah itu scroll menu sampai bawah,cari tulisan "Get Started" kemudian klik link nya.

Mulai membuat tab diskusi Disqus

8.Setelah itu kita diberi 2 opsi,langsung saja pilih "i want to instal disqus on my site".

Instal DIsqus Pada Website

9.Isi Nama blog,dan termasuk kategori apakah blog sobat. Jika sudah tinggal klik Create Site.

Instal DIsqus di Blogspot

10.Setelah itu,kita akan diberi 3 opsi. Pilih saja paket Basic. Karena hanya paket ini saja yang menyediakan fitur gratis atau tidak berbayar sama sekali. Dan klik Subscribe Now untuk memulai fitur gratisan sobat dari disqus.

Pilihan Paket Disqus

11.Pilih platform yang sobat inginkan. Jika sobat memakai blogger,silahkan pilih platform blogger.

Platform dalam disqus
12.Setelah itu klik add "nama situs anda" to my blogger site.

add blog ke disqus
13.Lalu akan tampil halaman seperti gambar di bawah ini,halaman tersebut merupakan halaman penambahan widget oleh blogger langsung ke website disqus agar bisa terhubung dengan blog sobat.

Add Widget Disqus Ke Blogger
14.Untuk memastikan kolom komentar disqus terpasang,silahkan refresh dan cek kembali blog sobat. Jika berhasil maka tampilan kolom komentar akan terlihat seperti ini.

Kolom Komentar DIsqus

Demikianlah "Cara Simpel Memasang Kolom Komentar Disqus di Blogspot".Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Saya harap dengan share cara membuat kolom komentar disqus ini,kita dapat membuat blog kita semakin menarik dan lebih banyak dikunjungi oleh banyak pengunjung dan dari platform apapun termasuk dari sosial media.
BERIKAN KOMENTAR ()